RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 5 SD Semester 1 Integrasi PPK, Literasi,4C
Rencana pelaksanaan pembelajaran kelas 5 Sekolah dasar pada Kurikulum 2013 Revisi.
Pada kelas 5 Kurikulum 2013 khusus nya semester 1 ini juga memiliki kegiatan proyek RPP K13 Revisi 2017, nah RPP kurikulum 2013 revisi ini juga memuat tema dalam subtema terdapat 6 Pembelajaran atau PB, RPP kelas 5 K13 ini kami bagi berdasarkan pembelajaran pada tiap subtema agar lebih mudah di pelajari dan dikuasai oleh rekan guru yang sedang menerapkan kurikulum 2013.
Kesempatan ini Kelas 5 SD/MI kami bagikan contoh atau apalah namanya yang pasti RPP K13 ini dalam format revisi tahun 2017.
Misal
Pembukaan
1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5. Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
• Apa yang tergambar pada sampul buku.
• Apa judul buku
• Kira-kira ini menceritakan tentang apa
• Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
• Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari.
• Siswa mengamati gambar dan percakapan tentang organ gerak hewan dan manusia.
• Biarkan siswa mengamati dan menganalisa gambar dan percakapan secara cermat.
Catatan:
1) Eksplorasi: Ajarkan siswa untuk mengeksplorasi gambar
secara cermat untuk menggali informasi.
2) Pengumpulan Data: Ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data menjadi sebuah informasi yang berguna melalui konsep pelaporan tertulis.
3) Komunikasi: Rangsang keingintahuan siswa dengan dialog interaktif.
Hasil yang Diharapkan
1. Siswa terangsang untuk ingin tahu dan mempelajari lebih lanjut tentang organ gerak hewan dan manusia.
2. Siswa memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap organ gerak.
A. Ayo Membaca
• Siswa membaca bacaan berjudul Organ Gerak Manusia dan Hewan.
Alternatif kegiatan membaca:
1. Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta dalam hati.
2. Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut dan meminta siswa lain menyimak.
3. Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.
Hasil yang diharapkan
- Siswa gemar membaca.
- Siswa memiliki keterampilan untuk menggali informasi dari sebuah bacaan.
- Melalui bacaan, siswa dapat mengetahui organ gerak manusia dan hewan.
• Selesai membaca, siswa mencari dan menentukan ide pokok tiap paragraf dari bacaan yang telah dibacanya.
Alternatif jawaban
1. Paragraf 2: Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ geraktersusun dalam sistem gerak.
2. Paragraf 3: Organ gerak manusia dan hewan memiliki kesamaan yakni tulang dan otot.
3. Paragraf 4: Tulang merupakan alat gerak pasif.
4. Paragraf 5: Otot merupakan alat gerak aktif.
Hasil yang diharapkan
- Siswa memiliki keterampilan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar khususnya dalam memahami bacaan dan menentukan ide pokok bacaan.
- Siswa mampu menentukan ide pokok bacaan.
B. Ayo Menulis
• Pada kegiatan: Ayo Menulis, secara mandiri siswa mencoba membuat paragraf berdasarkan ide pokok yang telah ditentukan.
Sumber https://www.datasekolah.co.id/
Pada kelas 5 Kurikulum 2013 khusus nya semester 1 ini juga memiliki kegiatan proyek RPP K13 Revisi 2017, nah RPP kurikulum 2013 revisi ini juga memuat tema dalam subtema terdapat 6 Pembelajaran atau PB, RPP kelas 5 K13 ini kami bagi berdasarkan pembelajaran pada tiap subtema agar lebih mudah di pelajari dan dikuasai oleh rekan guru yang sedang menerapkan kurikulum 2013.
Kesempatan ini Kelas 5 SD/MI kami bagikan contoh atau apalah namanya yang pasti RPP K13 ini dalam format revisi tahun 2017.
Misal
Pembukaan
1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5. Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
• Apa yang tergambar pada sampul buku.
• Apa judul buku
• Kira-kira ini menceritakan tentang apa
• Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
• Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari.
• Siswa mengamati gambar dan percakapan tentang organ gerak hewan dan manusia.
• Biarkan siswa mengamati dan menganalisa gambar dan percakapan secara cermat.
Catatan:
1) Eksplorasi: Ajarkan siswa untuk mengeksplorasi gambar
secara cermat untuk menggali informasi.
2) Pengumpulan Data: Ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data menjadi sebuah informasi yang berguna melalui konsep pelaporan tertulis.
3) Komunikasi: Rangsang keingintahuan siswa dengan dialog interaktif.
Hasil yang Diharapkan
1. Siswa terangsang untuk ingin tahu dan mempelajari lebih lanjut tentang organ gerak hewan dan manusia.
2. Siswa memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap organ gerak.
A. Ayo Membaca
• Siswa membaca bacaan berjudul Organ Gerak Manusia dan Hewan.
Alternatif kegiatan membaca:
1. Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta dalam hati.
2. Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut dan meminta siswa lain menyimak.
3. Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.
Hasil yang diharapkan
- Siswa gemar membaca.
- Siswa memiliki keterampilan untuk menggali informasi dari sebuah bacaan.
- Melalui bacaan, siswa dapat mengetahui organ gerak manusia dan hewan.
• Selesai membaca, siswa mencari dan menentukan ide pokok tiap paragraf dari bacaan yang telah dibacanya.
Alternatif jawaban
1. Paragraf 2: Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ geraktersusun dalam sistem gerak.
2. Paragraf 3: Organ gerak manusia dan hewan memiliki kesamaan yakni tulang dan otot.
3. Paragraf 4: Tulang merupakan alat gerak pasif.
4. Paragraf 5: Otot merupakan alat gerak aktif.
Hasil yang diharapkan
- Siswa memiliki keterampilan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar khususnya dalam memahami bacaan dan menentukan ide pokok bacaan.
- Siswa mampu menentukan ide pokok bacaan.
B. Ayo Menulis
• Pada kegiatan: Ayo Menulis, secara mandiri siswa mencoba membuat paragraf berdasarkan ide pokok yang telah ditentukan.
DOWNLOAD Pada link dibawah ini
Tema : Organ Gerak Hewan Dan Manusia (Tema 1)
Sub Tema : Organ Gerak Hewan (Sub Tema 1)
PEMBELAJARAN 1
PEMBELAJARAN 2
PEMBELAJARAN 3
PEMBELAJARAN 4
PEMBELAJARAN 5
PEMBELAJARAN 6
Tema : Organ Gerak Hewan Dan Manusia (Tema 1)
Sub Tema : Organ Gerak Hewan (Sub Tema 1)
PEMBELAJARAN 1
PEMBELAJARAN 2
PEMBELAJARAN 3
PEMBELAJARAN 4
PEMBELAJARAN 5
PEMBELAJARAN 6