Kisi-Kisi USBN PAI SMA/SMK K13 2017
Sobat Guru PAI di manapun anda berada, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai Kisi-Kisi USBN PAI SMA/SMK K13 Tahun 2017.
Kisi-kisi ini saya ambil dari rilis resmi Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Dan juga bisa anda unduh secara gratis di websitenya langsung.
Kisi-Kisi USBN PAI SMA/SMK sedejat dibagi menjadi 2 kategori, yaitu untuk Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 (K13).
Untuk postingan ini saya akan menyampaikan mengenai Kisi-Kisi USBN PAI SMA/SMK K13. Berikut ini isi lengkapnya.
Level Kognitif
- Pengetahuan dan Pemahaman:
- Menyebutkan
- Mengidentifikasi
- Menjelaskan
- Menentukan
- Mengkategorikan
- Mengelompokkan
- Menguraikan
Lingkup Materi
1. Al-Qur’an
Peserta didik bisa memahami dan menguasai ayat al-Qur’an pilihan dan hadits tentang:
- Q.S al-Hujurat: 10 dan 12, serta hadits yang membahas tentang kontrol diri (Mujahadah An-Nafs), Prasangka Baik (Husnudzhon) dan Persaudaraan (Ukhuwah)
- Q.S al-Isra: 32 dan QS an-Nur: 2 serta hadis mengenai larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
- Q.S al-Maidah: 48, Q.S az-Zumar: 39 dan Q.S at-Taubah : 105 serta hadits mengenai taat , kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja
- Q.S Yunus: 40-41 dan Q.S al-Maidah: 32 serta hadits mengenai Toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
- Q.S Ali Imran: 190-191 dan Q.S Ali Imran: 159 serta hadit mengenai berpikir kritis dan bersikap secara demokratis
- Q.S Luqman: 13-14 dan Q.S al-Baqarah: 83 serta hadits mengenai saling nasihat menasihati dan berbuat baik (ihsan)
Baca juga: Kisi-kisi USBN SMP/MTs 2017
2. Aqidah
Peserta didik bisa memahami dan menguasai materi tentang:- Iman kepada Allah (penghayatan terhadap asmaul husna yang meliputi al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-matiin, al-Jami’, al-‘Adl dan al-Akhir
- Iman kepada para Malaikat Allah
- Iman Kepada Kitab-kitab Allah
- Iman Kepada Rasul-rasul Allah
- Iman Kepada Hari Akhir
- Iman Kepada Qadha dan Qadar Allah
3. Akhlak
Peserta didik bisa memahami dan menguasai materi tentang:- Berpakaian yang sesuai dengan syariat islam
- Kejujuran
- Semangat dalam Menuntut Ilmu
- Syaja’ah atau berani dalam membela kebenaran
- Hormat dan Patuh kepada kedua orang tua dan para guru
- Bekerja keras dan bertanggungjawab
4. Fiqh
Peserta didik bisa memahami dan menguasai materi tentang:- Sumber-sumber hukum islam
- Ibadah Haji, Zakat dan Wakaf
- Pengurusan Jenazah
- Ketentuan mengenai khutbah, dakwah dan tabligh
- Prinsip-prinsip dan praktik mengenai ekonomi islam
- Pernikahan di dalam islam
- Ketentuan waris di dalam islam
5. Sejarah Peradaban Islam
Peserta didik bisa memahami dan menguasai materi tentang:- Subtansi dan strategi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW ketika berada di Makkah
- Subtansi dan strategi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW ketika berada di Madinah
- Perkembangan agama Islam pada masa kejayaannya
- Perkembangan agama islam pada masa modern
- Perkembangan peradaban agama islam di Indonesia
- Perkembangan peradaban agama islam di dunia
Level Kognitif
Penerapan (Aplikasi)
- Membedakan
- Menerapkan
- Memberi contoh
- Menghubungkan
- Menginterpretasi
- Membandingkan
Lingkup Materi
1. Al-Qur'an
Peserta didik bisa menerapkan ayat al-Qur’an pilihan dan hadis tentang:- Q.S al-Hujurat: 10 dan 12, serta hadits yang membahas tentang kontrol diri (Mujahadah An-Nafs), Prasangka Baik (Husnudzhon) dan Persaudaraan (Ukhuwah)
- Q.S al-Isra: 32 dan QS an-Nur: 2 serta hadis mengenai larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
- Q.S al-Maidah: 48, Q.S az-Zumar: 39 dan Q.S at-Taubah : 105 serta hadits mengenai taat , kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja
- Q.S Yunus: 40-41 dan Q.S al-Maidah: 32 serta hadits mengenai Toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
- Q.S Ali Imran: 190-191 dan Q.S Ali Imran: 159 serta hadit mengenai berpikir kritis dan bersikap secara demokratis
- Q.S Luqman: 13-14 dan Q.S al-Baqarah: 83 serta hadits mengenai saling nasihat menasihati dan berbuat baik (ihsan)
2. Aqidah
Peserta didik bisa menerapkan mengenai:- Iman kepada Allah (penghayatan terhadap asmaul husna yang meliputi al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-matiin, al-Jami’, al-‘Adl dan al-Akhir
- Iman kepada para Malaikat Allah
- Iman Kepada Kitab-kitab Allah
- Iman Kepada Rasul-rasul Allah
- Iman Kepada Hari Akhir
- Iman Kepada Qadha dan Qadar Allah
3. Akhlak
Peserta didik bisa menerapkan mengenai:- Berpakaian yang sesuai dengan syariat islam
- Kejujuran
- Semangat dalam Menuntut Ilmu
- Syaja’ah atau berani dalam membela kebenaran
- Hormat dan Patuh kepada kedua orang tua dan para guru
- Bekerja keras dan bertanggungjawab
4. Fiqh
Peserta didik bisa menerapkan mengenai:- Sumber-sumber hukum islam
- Ibadah Haji, Zakat dan Wakaf
- Pengurusan Jenazah
- Ketentuan mengenai khutbah, dakwah dan tabligh
- Prinsip-prinsip dan praktik mengenai ekonomi islam
- Pernikahan di dalam islam
- Ketentuan waris di dalam islam
5. Sejarah Peradaban Islam
Peserta didik bisa menerapkan mengenai:- Subtansi dan strategi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW ketika berada di Makkah
- Subtansi dan strategi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW ketika berada di Madinah
- Perkembangan agama Islam pada masa kejayaannya
- Perkembangan agama islam pada masa modern
- Perkembangan peradaban agama islam di Indonesia
- Perkembangan peradaban agama islam di dunia
Level Kognitif
Penalaran, meliputi:
- Menganalisis
- Mengevaluasi
- Menyimpulkan
- Memecahkan masalah
- Memprediksi
- mensintesis
Lingkup Materi
1. Al-Qur'an
Peserta didik bisa menggunakan nalar pada ayat al-Qur’an pilihan dan hadis tentang:- Q.S al-Hujurat: 10 dan 12, serta hadits yang membahas tentang kontrol diri (Mujahadah An-Nafs), Prasangka Baik (Husnudzhon) dan Persaudaraan (Ukhuwah)
- Q.S al-Isra: 32 dan QS an-Nur: 2 serta hadis mengenai larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina
- Q.S al-Maidah: 48, Q.S az-Zumar: 39 dan Q.S at-Taubah : 105 serta hadits mengenai taat , kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja
- Q.S Yunus: 40-41 dan Q.S al-Maidah: 32 serta hadits mengenai Toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
- Q.S Ali Imran: 190-191 dan Q.S Ali Imran: 159 serta hadit mengenai berpikir kritis dan bersikap secara demokratis
- Q.S Luqman: 13-14 dan Q.S al-Baqarah: 83 serta hadits mengenai saling nasihat menasihati dan berbuat baik (ihsan)
2. Aqidah
Peserta didik bisa menggunakan nalar mengenai:- Iman kepada Allah (penghayatan terhadap asmaul husna yang meliputi al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-matiin, al-Jami’, al-‘Adl dan al-Akhir
- Iman kepada para Malaikat Allah
- Iman Kepada Kitab-kitab Allah
- Iman Kepada Rasul-rasul Allah
- Iman Kepada Hari Akhir
- Iman Kepada Qadha dan Qadar Allah
3. Akhlak
Peserta didik bisa menggunakan nalar mengenai:- Berpakaian yang sesuai dengan syariat islam
- Kejujuran
- Semangat dalam Menuntut Ilmu
- Syaja’ah atau berani dalam membela kebenaran
- Hormat dan Patuh kepada kedua orang tua dan para guru
- Bekerja keras dan bertanggungjawab
4. Fiqh
Peserta didik bisa menggunakan nalar mengenai:- Sumber-sumber hukum islam
- Ibadah Haji, Zakat dan Wakaf
- Pengurusan Jenazah
- Ketentuan mengenai khutbah, dakwah dan tabligh
- Prinsip-prinsip dan praktik mengenai ekonomi islam
- Pernikahan di dalam islam
- Ketentuan waris di dalam islam
5. Sejarah Peradaban Islam
Peserta didik bisa menggunakan nalar mengenai:- Subtansi dan strategi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW ketika berada di Makkah
- Subtansi dan strategi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW ketika berada di Madinah
- Perkembangan agama Islam pada masa kejayaannya
- Perkembangan agama islam pada masa modern
- Perkembangan peradaban agama islam di Indonesia
- Perkembangan peradaban agama islam di dunia